Follow us
 


PRINSIP - PRINSIP DAN PEDOMAN KUALITAS SEKOLAH ALAM





SA Way Document - Lendo Novo Foundation

   


Sekapur Sirih

Assalamu’alaikum wr. wb.

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas karunia dan rahmat yang dilimpahkan sehingga dokumen Sekolah Alam Way (SA Way) ini berhasil disusun dengan baik. Shalawat dan salam semoga selalu kita hadiahkan kepada suri tauladan terbaik di muka bumi, Rasulullaah SAW beserta keluarga dan para sahabatnya.

SA Way adalah dokumen yang dirancang untuk memberikan arahan, informasi, dan panduan yang berharga terkait dengan bagaimana konsep sekolahalam dapat kita jaga kemurniannya. Buku ini adalah hasil dari kerja keras dan dedikasi kami dalam mengumpulkan pengetahuan, pengalaman, dan wawasan terbaik sesuai dengan konsep sekolahalam yang digagas oleh Alm. Lendo Novo, dengan harapan dapat membantu Anda meraih pemahaman yang lebih dalam tentang sekolahalam. Walau raga telah berpulang, namun spirit, ide, gagasan dan konsep serta nama baik beliau itulah yang akan tetap ada dan selalu kita jaga.

SA Way disusun untuk memudahkan siapapun yang ingin mengaplikasikan konsep sekolahalam di daerah manapun. Walaupun konsep sekolahalam mudah untuk diaplikasikan, tidak berarti sekolahalam dapat dibangun dengan mudahnya tanpa mengindahkan prinsip-prinsip sesuai dengan konsep yang digagas Sang Konseptor. Perlu kita sadari bersama bahwa semangat yang terkandung dalam SA Way ini adalah semangat keberagaman. Sehingga tidak ada sedikitpun niat untuk menyeragamkan berbagai model sekolah alam. 

Dalam SA Way ini, kita akan menemukan rangkaian informasi yang disusun secara sistematis dan terstruktur. Kami berharap bahwa buku ini akan menjadi mitra setia dalam menjelajahi konsep sekolahalam, memberikan panduan yang jelas dan solusi bagi berbagai tantangan yang mungkin akan dihadapi. Kami berharap bahwa setiap halaman akan menginspirasi untuk belajar lebih banyak, berkreasi, dan mengembangkan sekolahalam sesuai dengan konsep dan kemampuan dengan penuh rasa takdzim kepada Sang Konseptor.

Semoga SA Way ini memberikan manfaat dan inspirasi yang tak terhingga bagi kita semua. Terima kasih atas doa dan dukungan, dan selamat bereksperiman sampai mati di sekolah alam masing-masing.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Jusrijanah

Lendo Novo Foundation 

Sekolah Alam

Sekolah alam adalah konsep pendidikan yang berakar pada Al Qur’an dan Sunnah, yang mengimplementasikan empat pilar kurikulum (Akhlak, Logika ilmiah, Kepemimpinan, Bisnis) dengan metode belajarmengajar berbasis alam dan potensi lokal yang kaya ragam aktivitas, untuk mengantarkan peserta didik bertumbuh dan berkembang dengan bahagia sesuai fitrah dan potensinya, agar menjadi hamba Allah yang bertakwa dan mampu mengelola serta memakmurkan bumi untuk mewujudkan peradaban rahmatan lil ‘alamin.

Sekolah Alam adalah intitusi pendidikan yang mengimplementasikan konsep sekolah alam. (Lendo Novo Foundation, 2023)

Pilar Kurikulum


Akhlak


Logika Ilmiah


Kepemimpinan


Bisnis



Kita tidak sekadar mendirikan sekolah, kita membangun peradaban.

Sekolah alam, lebih dari sekadar sekolah, adalah sebuah gerakan untuk membangun peradaban yang rahmatan lil ‘alamin. Dalam menjalankan misinya, sekolah alam bersungguh-sungguh dalam menyiapkan generasi pemimpin peradaban, dan pada saat yang sama, berkontribusi mengikhtiarkan kehidupan yang lebih baik di masyarakat

Inilah The Great Why sekolah alam, yang membedakannya dengan model pendidikan lain. Ukuran kesuksesan sekolah alam tidak hanya pada kualitas outputnya, melainkan juga sejauh mana keberadaan sekolah alam memberikan dampak dan manfaat bagi lingkungan sekitarnya. 

Para pejuang gerakan sekolah alam memiliki titik tuju yang sama: peradaban rahmatan lil ‘alamin. Mereka memulai dengan titik tumpu yang sama: Sekolah Alam. 

Mengokohkan akar, meluaskan dampak.

Setelah 25 tahun, gerakan sekolah alam menyebar di berbagai penjuru Nusantara, dari Aceh sampai Papua. Sekitar 200 sekolah alam tergabung di Jaringan Sekolah Alam Nusantara. Semakin banyak, semakin beragam. Ada potensi, juga tantangan.

Sebagai titik tumpu gerakan, setiap Sekolah Alam harus kokoh. Mampu berdiri tegak, terus tumbuh, berdampak dan berkelanjutan. Setiap Sekolah Alam harus dikelola dengan baik sehingga memiliki energi dan sumber daya yang cukup untuk berjuang dalam waktu yang panjang. Serta melakukan eksperimentasi tiada henti pada berbagai ruang peradaban.

Sekolah alam laksana pohon. Ia hanya bisa berdiri tegak dan memberi manfaat, manakala akarnya kuat. Akar sekolah alam adalah keyakinan dan kesejatian. Bahwa sekolah alam adalah konsep yang paripurna dalam membangun pendidikan dan peradaban yang rahmatan lil ‘alamin.

Akar sekolah alam adalah keyakinan dan kesejatian. Bahwa sekolah alam adalah konsep yang paripurna dalam membangun pendidikan dan peradaban yang rahmatan lil ‘alamin. 

Bukan penyeragaman, melainkan penguatan nilai.

Mereka yang tergabung dalam sebuah gerakan atau organisasi harus sepakat tidak hanya pada tujuan, melainkan juga pada cara (untuk mencapai tujuan tersebut). Banyak gerakan dan organisasi yang memiliki tujuan yang sama dengan sekolah alam: membangun peradaban. Namun, gerakan sekolah alam memiliki cara yang berbeda. Inilah yang disebut sekolah alam way (SA Way).

SA Way berangkat dari prinsip-prinsip dasar sekolah alam sebagaimana dirumuskan oleh penggagas dan konseptor sekolah alam, Allahuyarham Lendo Novo. Penstrukturan SA Way diperlukan seiring dengan pertumbuhan gerakan sekolah alam.

SA Way merupakan implementasi how yang berangkat dari The Great Why. Wujud (what) Sekolah Alam sendiri dapat berbeda-beda, tergantung konteks lingkung di mana dia berada

SA Way merupakan implementasi how yang berangkat dari The Great Why.




Pedoman kualitas, pemandu arah.

Dalam konteks mikro pengelolaan Sekolah Alam, SA Way merupakan acuan tentang kualitas. Walaupun beragam, namun ada parameter yang sama tentang kualitas Sekolah Alam. Hal ini akan bermanfaat dalam menjaga dan menguatkan kepercayaan masyarakat.

Disisi lain, SA Way juga memberi manfaat bagi para pengelola Sekolah Alam.

Manfaat SA Way bagi pengelola Sekolah Alam

Memperjelas tanggung jawab dan peran Pendiri dan Pengelola Sekolah Alam.

Meningkatkan kualitas secara berkelanjutan

Memberikan panduan dalam membuat rencana pengembangan

Meningkatkan kolaborasi antar Sekolah Alam

Prinsip dan Komponen SA Way

SA Way merupakan panduan kualitas dan pengembangan yang mengikat seluruh Sekolah Alam yang tergabung di Jaringan Sekolah Alam Nusantara. Struktur SA Way terdiri dari :

Prinsip

Hal-hal mendasar yang merupakan akar konsep serta keyakinan dasar sekolah alam.

Komponen

Bagian dari konsep sekolah alam, berupa frase atau istilah kunci dalam konsep sekolah alam.

Indikator

Ukuran-ukuran yang memberikan gambaran tentang persyaratan dan kualitas Sekolah Alam.

MUST

Komponen persyaratan yang harus dipenuhi selama Sekolah Alam berdiri dan menjadi anggota JSAN.


ADVANCE

Komponen yang menunjukkan kualitas Sekolah Alam diatas standar minimal serta berpotensi memberi dampak dan kontribusi bagi peradaban.


BASIC

Komponen persyaratan yang harus dipenuhi selama Sekolah Alam berdiri dan menjadi anggota JSAN.


EXCELLENT

Komponen yang menunjukkan sebuah kualitas, suatu capaian serta dapat menghasilkan dampak yang optimal dari Sekolah Alam bagi peradaban.


Prinsip Sekolah Alam



01

Berakar pada Al Qur’an dan Sunnah.



02

Alam Takambang Manjadi Guru.



03

Ruang Tumbuh yang Membebaskan dan Membahagiakan.



04

Pengelolaan yang Bertanggung Jawab, Adil dan Berkelanjutan.



05

Mempersiapkan diri menuju Kampung Rahmatan Lil Alamin



01 | Berakar pada Al Qur’an



Komponen (Misi Peradaban) Indikator

Memiliki pernyataan visi, misi dan nilai-nilai yang sejalan dengan misi peradaban dan terinternalisasi kepada seluruh warga sekolah.

MUST



Komponen (Tujuan Pendidikan)
Indikator

Tujuan pendidikan di sekolah alam sejalan dengan tujuan penciptaan manusia, yakni sebagai ‘abdullah, khalifatullah dan rahmatan lil ‘alamin.

MUST



Komponen (Empat Pilar Kurikulum)
Indikator

Mengikuti Akar Alam dan berkomitmen mengimplementasikan dan mengembangkan empat pilar kurikulum: akhlak, logika ilmiah, kepemimpinan dan bisnis.

MUST



Komponen (Empat Pilar Kurikulum)
Indikator

Memiliki buku induk kurikulum sesuai dengan empat pilar kurikulum sekolah alam.

BASIC

02 |  Alam Takambang Manjadi Guru



Komponen (Konservasi)
Indikator

Pembangunan dan pengembangan sekolah alam harus konsisten menjaga kelestarian alam.

MUST



Komponen (Konservasi)
Indikator

Lingkungan sekolah bersih dan menerapkan sistem pengelolaan sampah yang berkelanjutan.

BASIC



Komponen (Konservasi)
Indikator

Area sekolah alam memiliki ruang terbuka hijau yang dominan.

ADVANCE



Komponen (Belajar Bersama Alam)
Indikator

Melakukan pemetaan dan dokumentasi potensi keanekaragaman hayati dan sumber daya lokal.

MUST



Komponen (Belajar Bersama Alam)
Indikator

Mengimplementasikan metode Belajar Bersama Alam secara berkelanjutan.

BASIC



Komponen (Insitu Development)
Indikator

Mengembangkan Sekolah Alam dengan kekhasan dan keunggulan yang berbasis potensi lokal.

ADVANCE



Komponen (Insitu Development)
Indikator

Mampu mengembangkan produk atau bisnis berbasis potensi lokal.

EXCELLENT

03 |   Ruang Tumbuh yang Membebaskan dan Membahagiakan



Komponen (Sekolah untuk Semua)
Indikator

Menerima peserta didik secara inklusif, apapun kondisi dan latar belakangnya, dengan tetap menyesuaikan ketersediaan sumber daya dan kemampuan sekolah.

MUST



Komponen (Sekolah untuk Semua)
Indikator

Mengembangkan ruang belajar dan berkarya bagi orang tua dan komunitas.

ADVANCE



Komponen (Sekolah yang Membebaskan)
Indikator

Menyediakan program pembelajaran yang memfasilitasi dan membebaskan setiap siswa mengeksplorasi bakat dan minatnya.

BASIC



Komponen (Eksperimen Sampai Mati)
Indikator

Memberi ruang yang cukup bagi guru untuk bereskperimen dan berkreasi sesuai dengan potensi yang mereka miliki.

BASIC



Komponen (Eksperimen Sampai Mati)
Indikator

Menstrukturkan dan membagikan hasil eksperimentasi dan inovasi kepada khalayak luas.

EXCELLENT

04 |   Pengelolaan yang Bertanggung Jawab, Adil dan Berkelanjutan



Komponen (Tanggung Jawab)
Indikator

Lembaga penaung Sekolah Alam memiliki legalitas dalam bentuk badan hukum yang diakui negara.

MUST



Komponen (Tanggung Jawab)
Indikator

Sekolah Alam memiliki ijin operasional serta memenuhi ketentuan lain yang diatur pemerintah.

BASIC



Komponen (Adil)
Indikator

Melindungi hak guru dan para pihak yang bekerja sama dengan sekolah.

MUST



Komponen (Adil)
Indikator

Memiliki Peraturan Lembaga yang memastikan semua pihak di dalam sekolah diperlakukan dengan adil.

BASIC



Komponen (Keberlanjutan)
Indikator

Memiliki rencana pengembangan lembaga/sekolah yang dituangkan dalam dokumen Rencana Strategis Sekolah

BASIC



Komponen (Keberlanjutan)
Indikator

Memiliki dan menjalankan program kaderisasi sumber daya insani secara berkelanjutan.

ADVANCE

05 |   Menuju Kampung Rahmatan Lil ‘Alamin



Komponen (Satu Aksi untuk Satu Peradaban)
Indikator

Memiliki program untuk membangun kebiasaan dan pola hidup sehat ala Rasulullah pada warga sekolah.

BASIC



Komponen (Satu Aksi untuk Satu Peradaban)
Indikator

Memiliki aksi kontribusi atau proyek inisiatif yang bermanfaat bagi sesama atau lingkungan sekitar.

ADVANCE



Komponen (Satu Bumi, Satu Dunia)
Indikator

Memiliki satu atau beberapa bidang garapan pada proyek Kampung Rahmatan Lil ‘Alamin.

EXCELLENT