PRINSIP - PRINSIP DAN PEDOMAN KUALITAS SEKOLAH ALAM
Sekapur Sirih
Assalamu’alaikum wr. wb.
Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas karunia dan rahmat yang
dilimpahkan sehingga dokumen Sekolah Alam Way (SA Way) ini berhasil
disusun dengan baik. Shalawat dan salam semoga selalu kita hadiahkan kepada
suri tauladan terbaik di muka bumi, Rasulullaah SAW beserta keluarga dan para
sahabatnya.
SA Way adalah dokumen yang dirancang untuk memberikan arahan, informasi, dan panduan yang berharga terkait dengan bagaimana konsep sekolahalam dapat kita jaga kemurniannya. Buku ini adalah hasil dari kerja keras dan dedikasi kami dalam mengumpulkan pengetahuan, pengalaman, dan wawasan terbaik sesuai dengan konsep sekolahalam yang digagas oleh Alm. Lendo Novo, dengan harapan dapat membantu Anda meraih pemahaman yang lebih dalam tentang sekolahalam. Walau raga telah berpulang, namun spirit, ide, gagasan dan konsep serta nama baik beliau itulah yang akan tetap ada dan selalu kita jaga.
SA Way disusun untuk memudahkan siapapun yang ingin mengaplikasikan konsep sekolahalam di daerah manapun. Walaupun konsep sekolahalam mudah untuk diaplikasikan, tidak berarti sekolahalam dapat dibangun dengan mudahnya tanpa mengindahkan prinsip-prinsip sesuai dengan konsep yang digagas Sang Konseptor. Perlu kita sadari bersama bahwa semangat yang terkandung dalam SA Way ini adalah semangat keberagaman. Sehingga tidak ada sedikitpun niat untuk menyeragamkan berbagai model sekolah alam.
Dalam SA Way ini, kita akan menemukan rangkaian informasi yang disusun secara sistematis dan terstruktur. Kami berharap bahwa buku ini akan menjadi mitra setia dalam menjelajahi konsep sekolahalam, memberikan panduan yang jelas dan solusi bagi berbagai tantangan yang mungkin akan dihadapi. Kami berharap bahwa setiap halaman akan menginspirasi untuk belajar lebih banyak, berkreasi, dan mengembangkan sekolahalam sesuai dengan konsep dan kemampuan dengan penuh rasa takdzim kepada Sang Konseptor.
Semoga SA Way ini memberikan manfaat dan inspirasi yang tak terhingga bagi kita semua. Terima kasih atas doa dan dukungan, dan selamat bereksperiman sampai mati di sekolah alam masing-masing.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Jusrijanah
Lendo Novo Foundation
Sekolah Alam
Sekolah alam adalah konsep pendidikan yang berakar pada Al Qur’an dan Sunnah, yang mengimplementasikan empat pilar kurikulum (Akhlak, Logika ilmiah, Kepemimpinan, Bisnis) dengan metode belajarmengajar berbasis alam dan potensi lokal yang kaya ragam aktivitas, untuk mengantarkan peserta didik bertumbuh dan berkembang dengan bahagia sesuai fitrah dan potensinya, agar menjadi hamba Allah yang bertakwa dan mampu mengelola serta memakmurkan bumi untuk mewujudkan peradaban rahmatan lil ‘alamin.
Sekolah Alam adalah intitusi pendidikan yang mengimplementasikan konsep sekolah alam. (Lendo Novo Foundation, 2023)
Pilar Kurikulum
Akhlak
Logika Ilmiah
Kepemimpinan
Bisnis
Sekolah alam, lebih dari sekadar sekolah, adalah sebuah
gerakan untuk membangun peradaban yang rahmatan
lil ‘alamin. Dalam menjalankan misinya, sekolah alam
bersungguh-sungguh dalam menyiapkan generasi pemimpin
peradaban, dan pada saat yang sama, berkontribusi
mengikhtiarkan kehidupan yang lebih baik di masyarakat
Inilah The Great Why sekolah alam, yang membedakannya dengan model pendidikan lain. Ukuran kesuksesan sekolah alam tidak hanya pada kualitas outputnya, melainkan juga sejauh mana keberadaan sekolah alam memberikan dampak dan manfaat bagi lingkungan sekitarnya.
Para pejuang gerakan sekolah alam memiliki titik tuju yang
sama: peradaban rahmatan lil ‘alamin. Mereka memulai
dengan titik tumpu yang sama: Sekolah Alam.
Setelah 25 tahun, gerakan sekolah alam menyebar di
berbagai penjuru Nusantara, dari Aceh sampai Papua.
Sekitar 200 sekolah alam tergabung di Jaringan
Sekolah Alam Nusantara. Semakin banyak, semakin
beragam. Ada potensi, juga tantangan.
Sebagai titik tumpu gerakan, setiap Sekolah Alam harus kokoh. Mampu berdiri tegak, terus tumbuh, berdampak dan berkelanjutan. Setiap Sekolah Alam harus dikelola dengan baik sehingga memiliki energi dan sumber daya yang cukup untuk berjuang dalam waktu yang panjang. Serta melakukan eksperimentasi tiada henti pada berbagai ruang peradaban.
Sekolah alam laksana pohon. Ia hanya bisa berdiri tegak dan memberi manfaat, manakala akarnya kuat. Akar sekolah alam adalah keyakinan dan kesejatian. Bahwa sekolah alam adalah konsep yang paripurna dalam membangun pendidikan dan peradaban yang rahmatan lil ‘alamin.
Akar sekolah alam adalah keyakinan dan kesejatian. Bahwa sekolah alam adalah konsep yang paripurna dalam membangun pendidikan dan peradaban yang rahmatan lil ‘alamin.
Bukan penyeragaman, melainkan penguatan nilai.
Mereka yang tergabung dalam sebuah gerakan atau organisasi harus sepakat tidak hanya pada tujuan, melainkan juga pada cara (untuk mencapai tujuan tersebut). Banyak gerakan dan organisasi yang memiliki tujuan yang sama dengan sekolah alam: membangun peradaban. Namun, gerakan sekolah alam memiliki cara yang berbeda. Inilah yang disebut sekolah alam way (SA Way).
SA Way berangkat dari prinsip-prinsip dasar sekolah alam sebagaimana dirumuskan oleh penggagas dan konseptor sekolah alam, Allahuyarham Lendo Novo. Penstrukturan SA Way diperlukan seiring dengan pertumbuhan gerakan sekolah alam.
SA Way merupakan implementasi how yang berangkat dari The Great Why. Wujud (what) Sekolah Alam sendiri dapat berbeda-beda, tergantung konteks lingkung di mana dia berada
SA Way merupakan implementasi how yang berangkat dari The Great Why.
Pedoman
kualitas,
pemandu
arah.
Dalam konteks mikro pengelolaan Sekolah Alam, SA Way merupakan acuan tentang kualitas. Walaupun beragam, namun ada parameter yang sama tentang kualitas Sekolah Alam. Hal ini akan bermanfaat dalam menjaga dan menguatkan kepercayaan masyarakat.
Disisi lain, SA Way juga memberi manfaat bagi para pengelola Sekolah Alam.
Manfaat SA Way bagi pengelola Sekolah Alam
Memperjelas tanggung
jawab dan peran Pendiri dan
Pengelola Sekolah Alam.
Meningkatkan kualitas secara berkelanjutan
Memberikan panduan
dalam membuat rencana
pengembangan
Meningkatkan kolaborasi
antar Sekolah Alam
Prinsip dan Komponen SA Way
SA Way merupakan panduan kualitas dan
pengembangan yang mengikat seluruh
Sekolah Alam yang tergabung di Jaringan
Sekolah Alam Nusantara.
Struktur SA Way terdiri dari :
Prinsip
Hal-hal mendasar yang
merupakan akar konsep
serta keyakinan dasar
sekolah alam.
Komponen
Bagian dari konsep sekolah
alam, berupa frase atau
istilah kunci dalam konsep
sekolah alam.
Indikator
Ukuran-ukuran yang
memberikan gambaran
tentang persyaratan dan
kualitas Sekolah Alam.
MUST
Komponen persyaratan yang harus dipenuhi selama Sekolah Alam berdiri dan menjadi anggota JSAN.
ADVANCE
Komponen yang menunjukkan kualitas Sekolah Alam diatas standar minimal serta berpotensi memberi dampak dan kontribusi bagi peradaban.
BASIC
Komponen persyaratan yang harus dipenuhi selama Sekolah Alam berdiri dan menjadi anggota JSAN.
EXCELLENT
Komponen yang menunjukkan sebuah kualitas, suatu capaian serta dapat menghasilkan dampak yang optimal dari Sekolah Alam bagi peradaban.
Prinsip Sekolah Alam
01
Berakar pada Al Qur’an dan Sunnah.
02
Alam
Takambang
Manjadi
Guru.
03
Ruang Tumbuh yang Membebaskan dan Membahagiakan.
04
Pengelolaan yang
Bertanggung
Jawab, Adil dan
Berkelanjutan.
05
Mempersiapkan diri menuju Kampung Rahmatan Lil Alamin
01 | Berakar pada Al Qur’an
Komponen (Misi Peradaban) Indikator
Memiliki pernyataan visi, misi dan nilai-nilai yang sejalan dengan misi peradaban dan terinternalisasi kepada seluruh warga sekolah.
MUST
Komponen (Tujuan Pendidikan)
Indikator
Tujuan pendidikan di sekolah alam sejalan dengan tujuan penciptaan manusia, yakni sebagai ‘abdullah, khalifatullah dan rahmatan lil ‘alamin.
MUST
Komponen (Empat Pilar Kurikulum)
Indikator
Mengikuti Akar Alam dan berkomitmen mengimplementasikan dan mengembangkan empat pilar kurikulum: akhlak, logika ilmiah, kepemimpinan dan bisnis.
MUST
Komponen (Empat Pilar Kurikulum)
Indikator
Memiliki buku induk kurikulum sesuai dengan empat pilar kurikulum sekolah alam.
BASIC
02 | Alam Takambang Manjadi Guru
Komponen (Konservasi)
Indikator
Pembangunan dan pengembangan sekolah alam harus konsisten menjaga kelestarian alam.
MUST
Komponen (Konservasi)
Indikator
Lingkungan sekolah bersih dan menerapkan sistem pengelolaan sampah yang berkelanjutan.
BASIC
Komponen (Konservasi)
Indikator
Area sekolah alam memiliki ruang terbuka hijau yang dominan.
ADVANCE
Komponen (Belajar Bersama Alam)
Indikator
Melakukan pemetaan dan dokumentasi potensi keanekaragaman hayati dan sumber daya lokal.
MUST
Komponen (Belajar Bersama Alam)
Indikator
Mengimplementasikan metode Belajar Bersama Alam secara berkelanjutan.
BASIC
Komponen (Insitu Development)
Indikator
Mengembangkan Sekolah Alam dengan kekhasan dan keunggulan yang berbasis potensi lokal.
ADVANCE
Komponen (Insitu Development)
Indikator
Mampu mengembangkan produk atau bisnis berbasis potensi lokal.
EXCELLENT
03 | Ruang Tumbuh yang Membebaskan dan Membahagiakan
Komponen (Sekolah untuk Semua)
Indikator
Menerima peserta didik secara inklusif, apapun kondisi dan latar belakangnya, dengan tetap menyesuaikan ketersediaan sumber daya dan kemampuan sekolah.
MUST
Komponen (Sekolah untuk Semua)
Indikator
Mengembangkan ruang belajar dan berkarya bagi orang tua dan komunitas.
ADVANCE
Komponen (Sekolah yang Membebaskan)
Indikator
Menyediakan program pembelajaran yang memfasilitasi dan membebaskan setiap siswa mengeksplorasi bakat dan minatnya.
BASIC
Komponen (Eksperimen Sampai Mati)
Indikator
Memberi ruang yang cukup bagi guru untuk bereskperimen dan berkreasi sesuai dengan potensi yang mereka miliki.
BASIC
Komponen (Eksperimen Sampai Mati)
Indikator
Menstrukturkan dan membagikan hasil eksperimentasi dan inovasi kepada khalayak luas.
EXCELLENT
04 | Pengelolaan yang Bertanggung Jawab, Adil dan Berkelanjutan
Komponen (Tanggung Jawab)
Indikator
Lembaga penaung Sekolah Alam memiliki legalitas dalam bentuk badan hukum yang diakui negara.
MUST
Komponen (Tanggung Jawab)
Indikator
Sekolah Alam memiliki ijin operasional serta memenuhi ketentuan lain yang diatur pemerintah.
BASIC
Komponen (Adil)
Indikator
Melindungi hak guru dan para pihak yang bekerja sama dengan sekolah.
MUST
Komponen (Adil)
Indikator
Memiliki Peraturan Lembaga yang memastikan semua pihak di dalam sekolah diperlakukan dengan adil.
BASIC
Komponen (Keberlanjutan)
Indikator
Memiliki rencana pengembangan lembaga/sekolah yang dituangkan dalam dokumen Rencana Strategis Sekolah
BASIC
Komponen (Keberlanjutan)
Indikator
Memiliki dan menjalankan program kaderisasi sumber daya insani secara berkelanjutan.
ADVANCE
05 | Menuju Kampung Rahmatan Lil ‘Alamin
Komponen (Satu Aksi untuk Satu Peradaban)
Indikator
Memiliki program untuk membangun kebiasaan dan pola hidup sehat ala Rasulullah pada warga sekolah.
BASIC
Komponen (Satu Aksi untuk Satu Peradaban)
Indikator
Memiliki aksi kontribusi atau proyek inisiatif yang bermanfaat bagi sesama atau lingkungan sekitar.
ADVANCE
Komponen (Satu Bumi, Satu Dunia)
Indikator
Memiliki satu atau beberapa bidang garapan pada proyek Kampung Rahmatan Lil ‘Alamin.
EXCELLENT